Perbedaan TV LCD Dan TV LED

LCD tv, awas jangan salah fokus sob! :)

Selamat datang sobat ARM sekalian, semoga sobat selalu di beri kesehatan, kali ini ARM akan membahas Perbedaan TV LCD dan TV LED. Langsung saja sob, pasti sobat sekalian pernah mendengar atau bahkan mempunyai yang namanya TV LCD atau LED. Namanya memang mirip sob, bentuknya juga demikian, lalu apa perbedaannya ?

ARM jelaskan dari namanya dulu sob, LCD (liquid crystal display) adalah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah layar permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada crystal cair dan filter berwarna. Nah, sedangkan LED (light emitting diode) merupakan komponen atau rangkaian elektronika yang bisa memancarkan cahaya monokromatik saat di beri tegangan maju. ingin lebih lengkap tentang LCD baca Pengertian LCD beserta kelebihan dan kekurangannya.

Nah, TV LCD dan LED sebetulnya memang sama saja, mulai dari layar panel hingga cara kerjanya pun sama. Yang membedakan hanyalah pencahayaan lampunya saja atau disebut backlight. Dimana tv LCD menggunakan backlight CCFL (lampu neon fluorescent) sedangkan tv LED menggunakan backlight LED (light emitting diode) makanya di sebut dengan LED.

LED tv

Lampu neon atau CCFL ini berada di lapisan paling belakang atau bawah LCD, ukurannya juga kecil hanya sebesar pensil alis, dalam satu unit LCD ada sekitar 10 sampai 12 lampu CCFL. dan untuk daya tahannya CCFL bisa mencapai 60.000 jam sob. wuih, berapa hari tuh..

Sedangkan untuk lampu LED jumlahnya lebih banyak sob, karena bentuknya hanya bulatan bulatan kecil, tetapi memiliki daya tahan yang lebih lama dari CCFL, penggunann LED juga bisa membuat warna terlihat lebih bagus dan tajam.

LCD dan LED backlight

CCFL backlight 

LED backlight

Nah, sekarang sudah tahu kan sob perbedaan TV LCD dan TV LED, kalau bisa ARM simpulkan tv LED memang lebih baik dibanding tv LCD, karena penggunaan backlight LED membuat gambar terlihat lebih bagus, lebih tahan lama serta konsumsi daya yang lebih rendah.
Demikian artikel ARM tentang Perbedaan TV LCD dan TV LED kali ini.
Semoga bermanfaat, salam..


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian LCD Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Macam-Macam Dispenser Dan Tips Cara Memilih Dispenser Yang Sesuai Kebutuhan

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak dan Mati Total