Pengertian LCD Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

LCD tv

Selamat datang sobat sekalian, semoga selalu di beri kesehatan, kali ini ARM akan membahas tentang Pengertian LCD beserta kelebihan dan kekurangannya. Apa yang sobat ketahui tentang LCD..? Yap, banyak sob, ada TV LCD, Monitor LCD dll, lalu apa si pengertian LCD itu ?

LCD singkatan dari Liquid Crystal Display, Liquid Crystal merupakan substansi atau zat  yang memiliki sifat diantara liquid dan solid sedangkan Display merupakan tampilan, sehingga LCD bisa diartikan sebagai Teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada crystal cair dan filter berwarna.

Nah, kita lanjut sob, pada sebuah layar atau panel LCD terdiri atas 4 lapisan, istilahnya "sandwich" berikut susunannya :
  1. Lampu (backlight)
  2. TFT (Thin Film Transistor) yang mengatur susunan LCD
  3. LCD Array yang mengatur jumlah cahaya
  4. Color Filter
Penjelasannya gimana ? Oke, begini..
Sumber cahaya atau backlight merupakan lapisan paling bawah, sinar dari backlight ini akan melewati filter pertama dari dua filter pengatur (polarizing). nah, selanjutnya sinar yang telah terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan bintik kristal cair yang di jajarkan pada sebuah kontainer kecil yang dinamakan cell, setiap sel juga di jajarkan membentuk barisan pada layar, satu sel atau lebih akan membentuk satu pixel (ukuran titik terkecil pada sebuah layar). Sumber elektrik di sekeliling LCD membentuk sebuah medan elektrik yang akan menggetarkan molekul kristal, dan akan mengatur sinar yang akan melewati pada lapisan kedua berupa filter yang terpolarisasi.

Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah sel kristal cair sob. Setiap ketiga sel tersebut memiliki filter merah, hijau dan biru. Sinar yang melewati sel yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang terlihat pada LCD. Terkadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu sel atau lebih tidak berjalan dengan baik, ini yang bisa menimbulkan adanya pixel yang gelap dan rusak.

LCD Panel Diagram

Gimana sob, cukup mencerahkan ? Ok, Sekarang ARM akan bahas kelebihannya, berikut kelebihan LCD :
  1. Ukuran dimensi ramping, ini kelebihan utama LCD sob, dengan dimensi yang ramping sehingga tidak memakan banyak ruang dan mudah di tempatkan dimana saja.
  2. Ketajaman dan resolusi tinggi, kualitas gambar LCD memang lebih baik, warna pada layar lebih nyaman untuk di lihat.
  3. Konsumsi daya yang rendah, ini yang paling menguntungkan sob, TV LCD mempunyai daya yang lebih rendah dibanding TV tabung CRT.
  4. Aman untuk mata, radiasi yang di timbulkan LCD lebih kecil, sehingga lebih aman dan nyaman untuk di lihat.
Ada kelebihan pasti ada kekurangan juga, berikut kekurangan LCD :
  1. Dead pixel, ini merupakan titik hitam yang diakibatkan adanya pixel yang mati. Ini bisa terjadi karena gagal produksi atau karena aktifitas kita sendiri yang bisa menimbulkan dead pixel.
  2. Layar LCD sensitif, harus hati hati saat membawa monitor LCD sob, karena layar LCD sensitif dan rentan terhadap benturan.
  3. Harga monitor dan servis mahal, nah, ini yang jadi masalah utama sob, masalah ARM si sob,hhee.. Harga monitor LCD memang mahal, bahkan baheula banget ARM pernah mendengar harga perInci nya 1juta sob, jadi bayangin kalau layar LCDnya 14inci. Untuk servisnya juga memang mahal, karena belum banyak ahli yang bisa memperbaiki LCD.
LCD bisa dipasang di dinding

Semua produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya sob, sama seperti kita manusia. Untuk memilihnya kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. Baca juga Perbedaan tv LCD dan tv LED. Demikian artikel ARM tentang Pengertian LCD Beserta Kelebihan dan Kekurangannya.
Semoga bermanfaat, salam..

Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Dispenser Dan Tips Cara Memilih Dispenser Yang Sesuai Kebutuhan

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak dan Mati Total